Wagub DKI Luncurkan Layanan Interaktif Berbasis Web BERiDE

:


Oleh G. Suranto, Rabu, 23 Mei 2018 | 15:00 WIB - Redaktur: Juli - 851


Jakarta, InfoPublik - Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta Sandiaga Uno mengapresiasi peluncuran platform BERiDE di Jakarta Smart City Lounge, Gedung Balaikota Jakarta pada Rabu (23/5).

Platform BERiDE diharapkan dapat membantu mewujudkan City 4.0 dimana masyarakat dapat berkolaborasi dan berpartisipasi aktif melalui teknologi digital-informasi dalam pembangunan kota Jakarta.

BERiDE sendiri merupakan layanan interaktif berbasis situs web dan dalam waktu dekat akan dapat diakses melalui aplikasi telepon genggam yang bertujuan memudahkan warga Jakarta dalam menyalurkan ide-ide pembangunan kota yang selanjutnya dapat dimanfaatkan oleh berbagai instansi pemerintah, instansi swasta, dan komunitas dalam merencanakan pembangunan kota Jakarta.

"Masyarakat itu bukan customer, masyarakat itu bukan pelanggannya Pemprov. Sekarang kita ubah bahwa masyarakat kita adalah co-creator. Mereka harus bertanggung jawab dan jangan semuanya diserahkan kepada Pemerintah. Mereka harus menjadi bagian dari perubahan. Mereka harus menjadi agent of change. Nah BERiDE ini adalah bagian dari partisipatif-kolaboratif,” kata Sandiaga dalam acara peluncuran BERiDE tersebut.

Ia menyambut baik prakarsa BERiDE sebagai sebuah ruang kreatif bagi masyarakat dengan mengusung tema Seribu Ide untuk Jakarta. Untuk menjadikan Jakarta kota maju dan kota cerdas (smart city), Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membutuhkan masukan, pandangan, konsep dan dukungan dari seluruh elemen masyarakat agar dapat maju, bahagia dan sejahtera bersama-sama.

"Saya rasa fokus kita tetap di ekonomi. Kita ingin menciptakan lapangan kerja. Saya berpesan kepada BERiDE ini bahwa 1.000 ide itu baik. Kita ingin Kota Jakarta ditata dengan baik. Tapi, kita harus fokus bagaimana partisipatif-kolaboratif kita untuk menggerakkan ekonomi dan membuka lapangan kerja. Ini yang betul-betul diminta oleh warga," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, pemrakarsa BERiDE (PT Beride Karya Indonesia) turut menyampaikan informasi tentang skema, tahapan kegiatan, publikasi, konsep peluncuran, sayembara, media dan lainnya terkait BERiDE. Sementara ini dalam kegiatan sayembara BERiDE, dipilih beragam topik menarik, antara lain budaya, rekreasi dan acara; perdagangan, niaga, koperasi, UKM dan penanaman modal; ruang terbuka, taman dan lapangan olahraga; dan penataan koridor jalan KH. Syahdan (area kampus BINUS Kemanggisan).

Bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi dapat mulai mendeskripsikan dan mengilustrasikan idenya untuk kemudian dikirimkan ke BERiDE dengan cara mendaftar di laman jakarta.beride.id. Pemprov DKI Jakarta menanti partisipasi masyarakat untuk membangun kota bersama dan mewujudkan Jakarta yang Maju Kotanya dan Bahagia Warganya melalui program BERiDE yang diluncurkan hari ini.