Bangunan Baru RSU Enrekang Segera Difungsikan

:


Oleh MC KAB ENREKANG, Kamis, 24 Mei 2018 | 12:52 WIB - Redaktur: Noor Yanto - 990


Enrekang, InfoPublik - Dana Alokasi Khusus (DAK) Rp12 miliar untuk gedung baru RSUD Massenrempulu yang direncanakan rampung tahun ini, masih terhambat pada pemasangan lift dan instalasi oksigen karena anggaran yang belum mencukupi. Anggaran yang masuk pada APBD 2017 lalu itu, hanya diperuntukkan untuk gedung empat lantai, saat ini masih dalam tahap pembersihan dan perbaikan beberapa titik yang belum tampak rapi.

Direktur RSUD Massenrempulu, dr Yusuf mengakui untuk tahun ini gedung tersebut belum layak untuk digunakan. Selain karena instalasi oksigen beberapa fasilitas juga belum ada. Tahun ini di APBD Pokok hanya pengadaan lift yang dimasukkan.

"Kita ada pagu itu sekitar Rp1 miliar," ujarnya.

Sementara untuk instalasi oksigen dan lainnya rencana dianggarkan pada APBD Perubahan tahun ini.

"Jika selesai tahun ini, kita bisa langsung fungsikan tahun depan," tuturnya.

Namun, untuk porsi keseluruhan memprioritaskan gedung baru tersebut belum bisa dilakukan. Meski lantai empat nantinya akan difungsikan sebagai kamar operasi, lantai tiga ICU, lantai dua perawatan, dan lantai dasar tempat parkir. Pihak RSUD Massenrempulu juga fokus pada perbaikan fasilitas lainnya.

"Kapasitas kita itu untuk empat kelas sebanyak 110. Sementara pasien yang masuk itu jauh lebih besar atau sekitar 200 lebih sekarang," bebernya.

Setiap tahunnya memang pasien di RSUD Massenrempulu, kata dr Yusuf itu meningkat. Tahun 2016 lalu sebanyak 21 ribu, sementara 2017 ada 28 ribu. Untuk tahun ini hingga minggu kedua Mei sudah mencapai sekitar 10 ribu.

"Sehingga kita prioritaskan fasilitas dulu meski belanja langsung dan tidak langsung kita tahun ini ada sekitar Rp30 miliar," ucapnya.

Dikonfirmasi terpisah, Plt Bupati Kabupaten Enrekang, M. Amiruddin mengutarakan, terkait gedung baru RSUD perlu memang diperhatikan.

"Pembangunan masih disesuaikan kebutuhan dan ketersediaan anggaran, jika belum tuntas tahun ini, akan diupayakan paling lambat tahun anggaran mendatang," kata HM. Amiruddin usai meninjau gedung baru RSU Massenrempulu Enrekang, Kamis, (24/05). (McEnrekang)