Enam Penambang Emas Tertimbun Longsor di Bolaang Mongondow

:


Oleh Wawan Budiyanto, Senin, 4 Juni 2018 | 08:50 WIB - Redaktur: Juli - 614


Jakarta, InfoPublik – Pencarian korban (penambang emas) yang tertimbun longsor akibat hujan deras yang terjadi di Desa Bakan, Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara, pada Minggu (3/6) pukul 15.00 WITA, pagi ini Senin (4/6) kembali diteruskan.

"BPBD Kabupaten Bolaang Mongondow, Basarnas Kota Mobagu, TNI, Polri, relawan dan masyarakat melakukan evakuasi korban. Lokasi longsor merupakan perbukitan dengan kemiringan lereng yang cukup curam yang rawan longsor. Apalagi penambangan dilakukan secara tradisional sehingga mudah longsor saat hujan deras," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangannya yang diterima, di Jakarta.

Tim SAR gabungan telah mengevakuasi korban longsor. Dari 6 orang yang tertimbun 5 orang di antaranya, sudah berhasil dievakuasi dalam kondisi meninggal dunia pada Minggu pukul 19.00 WITA dan satu orang lagi masih dalam pencarian.

Adapun 5 orang penambang emas yang sudah ditemukan dalam kondisi meninggal adalah Rian Mamonto (28), Wiro Ketangrejo (26), Adi Mokodompit (26),  Dodo Mamonto (45), dan Dudi Lenda (45). Sedangkan 1 orang masih dalam pencarian  adalah Molan Mamonto (55). Semua korban warga Desa Bakan.