KPU RI Siap Gelar Election Visit Program

:


Oleh Eko Budiono, Minggu, 10 Juni 2018 | 20:31 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 296


Jakarta,InfoPublik- Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan menggelar election visit program atau program kunjungan pemilihan di Surabaya, Jawa Timur.

"Salah satu tujuan election visit program, untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan mengenai kepemiluan di berbagai negara. Kegiatan tersebut bukan pertama kali dilakukan, namun pernah dilakukan dalam beberapa pemilu dan pilkada sebelumnya,” ujar Ketua KPU RI Arief Budiman, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (9/6).

Arief menegaskan, KPU memiliki target mendatangkan 140 observer atau pengamat baik internasional maupun domestik. Namun sampai saat ini, baru sekitar 30 observer kepemiluan yang konfirmasi untuk datang.

"Di antaranya yang sudah konfirmasi ada dari Korea Selatan, terus dari Mesir, kemudian beberapa kedutaan dari sahabat juga sudah datang," ungkapnya.

Dia menambahkan,  bahkan ada salah satu dari kedutaan yang mengajukan usulan tidak hanya melakukan observasi di tempat yang ditentukan, yaitu di Surabaya dan Sidoarjo.

"Jadi pemilu kita memang menarik dan pantas untuk dikabarkan, dengan cara kita yang melakukan pemilu yang transparan," tambahnya.

 International conference mengenai kepemiluan dalam Election Visit Program tahun akan  digelar pada 26 Juni 2018.