Mendagri Ingatkan Jajaran Damkar, Satpol PP dan Linmas Bantu Pemudik

:


Oleh Eko Budiono, Rabu, 13 Juni 2018 | 14:06 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 243


Jakarta,IfoPublik-Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengingatkan jajaran pemerintah daerah (Pemda)  untuk  membantu operasi pengamanan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1439 H, terutama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas), dan Pemadam Kebakaran (Damkar).

"Radiogram pertama yang dikirimkan pada bulan Februari lalu setelah  rapat koordinasi yang diinisiasi oleh Kementerian Perhubungan, Mabes Polri Jasa Raharja, Jasa Marga,  BUMN lain dan saya sebagai Mendagri ketika itu  hadir. Rapat juga dihadiri para  kepala daerah, Kapolres dan lain-lain yang daerahnya  dilewati arus mudik terpadat," kata Mendagri, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (13/6).

Menurut Mendagri, beberapa poin penting dari radiogram kedua yang dikirimkan Mendagri.

“Poin pertama, seluruh aparatur Damkar, Satpol PP dan Satlinmas untuk mendukung operasi pengamanan perayaan Hari Raya Idul Fitri. Poin kedua, menyiagakan seluruh aparatur Damkar, Satpol PP dan Satlinmas dalam menjaga dan turut membantu kelancaran lalu lintas di lokasi rawan kemacetan, khususnya di lokasi pintu tol, pasar tumpah, rest area, objek wisata, perlintasan sebidang, lokasi rawan bencana, pusat keramaian,”paparnya.

Sedangkan poin ketiga, menyiagakan tim rescue Damkar dan penyelamatan, Satpol PP dan Satlinmas untuk mengantisipasi situasi darurat dan pertolongan pertama bila diperlukan.