Wagub DKI Resmikan Pusat Oleh- Oleh Betawi di Kawasan Pasar Seni Ancol

:


Oleh G. Suranto, Rabu, 13 Juni 2018 | 23:40 WIB - Redaktur: Juli - 630


Jakarta, InfoPublik - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno meresmikan pusat oleh-oleh Betawi di Kampung Betawi, Pasar Seni, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Rabu (13/6) sore.

Pusat oleh-oleh Betawi ini merupakan hasil kerja sama antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, PT Pembangunan Jaya Ancol dan Komunitas OK OCE Smart.

"Melalui peresmian ini, diharapkan UMKM yang tadinya made to order sekarang bisa tampil sebagai oleh-oleh Betawi. Kadang-kadang orang-orang kan bingung beli oleh-oleh Betawi di mana. Nah, salah satunya sekarang bisa beli di Taman Impian Jaya Ancol, khususnya di Pasar Seni," ungkap Sandiaga.

Ia juga berharap Kampung Betawi di Ancol ini dapat menunjukkan Jakarta sebagai kota berbudaya dan menunjukkan keberadaban khasnya yaitu Betawi. Dirinya pun ingin agar generasi muda atau millenial dapat semakin mengenal kebudayaan Betawi di tanahnya sendiri.

Sandiaga turut mengapresiasi pusat oleh-oleh kebudayaan Betawi yang akan membantu UMKM binaan OK OCE untuk memasarkan hasil usaha. Terdapat 42 UMKM cenderamata dan 60 UMKM berbasis kuliner yang bekerja sama dalam kawasan tersebut. Konsep Kampung Betawi ini sendiri merupakan pertama kalinya yang hadir di Taman Impian Jaya Ancol.

Pusat oleh-oleh ini akan menjajakan kuliner khas Betawi seperti kerak telor, dodol betawi, hingga bir pletok. Pusat oleh-oleh Betawi ini sendiri bernuansa kampung dengan diiringi kesenian musik, pertunjukan palang pintu, maupun pemasaran batik dengan motif khas Betawi.

"Kita sebentar lagi akan kedatangan 1,2 juta orang yang akan masuk ke Ancol dalam 1-2 minggu di sekitar hari Lebaran. Berarti ini pasar yang sangat menjanjikan buat para UMKM. Di sinilah penciptaan lapangan kerja, bagian dari pemasaran bagi teman-teman OK OCE dan UMKM. Ini dibuat showcase, kesempatan mereka untuk menjual produk produk mereka," ungkapnya.