Pilkada dan Asian Games akan Dorong Perekonomian Dalam Negeri

:


Oleh lsma, Sabtu, 16 Juni 2018 | 23:40 WIB - Redaktur: Juli - 221


Jakarta, InfoPublik - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Darmin Nasution mengatakan gelaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dan Asian Games bakal mendorong kegiatan ekonomi di dalam negeri.

"Lebaran ini kan pertama yang sudah mendorong impor, walaupun tidak besar sekali. Tetapi yang buat pemerintah kalau Lebaran itu tentu juga menaikkan belanja orang. Orang mudik dia akan belanja. Justru Pilkada serentak yang dapat mendongkrak ekonomi dalam negeri," kata Darmin saat menggelar acara open house di rumah dinasnya, di Jakarta, Sabtu (16/6).

Darmin menilai, Pilkada serentak dapat menyumbang pertumbuhan ekonomi hingga 0,1 persen.

Selain itu, gelaran Asian Games yang sedang disiapkan juga dinilai mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi dalam negeri. Sebab pada musim itu, konsumsi tidak hanya disumbang oleh masyarakat Indonesia, namun juga masyarakat asing yang bertamu.

"Ada Asian Games, yang akan juga membawa keramaian dan membuat orang belanja, bukan hanya orang Indonesia tapi juga orang luar datang ke sini. Sehingga sebetulnya kalau beberapa lembaga internasional menurunkan target pertumbuhan ekonomi kita jadi 5,3 persen saya kok masih melihat angka 5,4 itu masih oke," katanya.