Lembaga Penyiaran Jadi Garda Terdepan Penyiaran Sehat

:


Oleh MC KAB ENREKANG, Kamis, 21 Juni 2018 | 10:56 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 737


Enrekang.InfoPublik.- Ketua Komisi Penyiaran Informasi Daerah (KPID) Sulsel melalui koordinator region wilayah Pinrang, Sidrap, Enrekang serta Toraja dan Toraja Utara, H. Waspada Santing mengharapkan, lembaga penyiaran yang ada di Kabupaten Enrekang menjadi garda terdepan dalam memberikan tontonan menarik dan mencerdaskan masyarakat pengguna TV berlangganan (TV Kabel).

Hal ini disampaikan dalam acara sosialisasi Kampanye Penyiaran Sehat yang diselenggarakan bekerjasama Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskotik), di Aula Diskotik Enrekang, Kamis (20/6).

“Jadi saya harap lembaga penyiaran di Enrekang baik Maspul TV maupun Radio Suara Maspul untuk melibatkan diri dan menjadi garda terdepan dalam memberikan informasi yang sehat kepada masyarakat,” kata Waspada Santing di hadapan perwakilan pengusaha TV kabel Enrekang.

Pihaknya menegaskan, lembaga penyiaran harus lebih memperhatikan konten siaran yang memberikan manfaat, dan bernilai informasi yang sehat untuk warga.

“Lembaga penyiaran seperti radio dan TV, jangan sampai mengambil sumber informasi rujukan melalui media sosial atau berita online. Informasi yang akan disampaikan harus melalui riset sebelum disiarkan melalui radio atau TV,” katanya.

Menurutnya, jika Lembaga penyiaran menyebarkan informasi yang belum jelas kebenarannya maka dampaknya lebih luas sebab televisi maupun radio didengar atau ditonton oleh banyak orang.

Olehnya itu ia mengimbau agar kedua lembaga penyiaran yang ada di Enrekang ini agar terlebih dahulu melakukan investigasi berita yang akan disiarkan dengan mengenal sumber berita atau media yang bersangkutan.

Selain itu, lembaga penyiaran yang akan bersiaran, hendaknya memprioritaskan konten-konten kearifan lokal,  ini penting agar masyarakat atau pendengar radio tersebut tidak lupa dengan budaya dan adat daerah Sulsel.(McEnrekang/Eyv)