DPRD Palembang Minta Pemkot Lengkapi Bahan Paparan Kepada Gubernur

:


Oleh MC Kota Palembang, Selasa, 14 Maret 2017 | 10:05 WIB - Redaktur: Tobari - 530


Palembang, InfoPublik - Rencana perluasan wilayah Kota Palembang terus bergulir, dan jajaran Pemerintah Kota Palembang yang dipimpin Sekretaris Daerah Harobin Mastofa berkonsultasi dengan anggota DPRD Palembang, Senin (13/3).

Sebelumnya, rencana perluasan ini ditentang beberapa daerah yang wilayahnya berbatasan langsung dengan Palembang, seperti Kabupaten Muara Enim, Ogan Ilir dan Banyuasin.

Ketua DPRD Palembang Darmawan mengatakan, wakil rakyat telah melakukan komunikasi dengan anggota Dewan di daerah terkait perluasan wilayah Palembang. “Komunikasi lisan sudah ada, dengan DPRD Banyuasin. Nantinya akan duduk bareng dengan dimediasi oleh Gubernur,” ujar Darmawan, usai rapat.

Ia meminta Pemkot Palembang melengkapi bahan untuk paparan kepada Gubernur. Antara lain, bahan tentang latar belakang perluasan wilayah dan kesiapan saat ini. Sebab, perluasan akan melibatkan banyak pihak terkait, yakni kecamatan, kelurahan, kepolisian, dan Koramil.

Darmawan berharap paparan itu dilengkapi visualisasi sehingga mudah dipahami, termasuk visualisasi batas wilayah dan gerbangnya nanti. “Pada prinsipnya, ada dukungan (politis) dari kami. Namun, masih akan dirapatkan lagi di tatanan kita (Kota Palembang), sebelum maju,” ujar Darmawan.

Ia melanjutkan, setelah bahan yang akan dipaparkan dimatangkan, tahap berikutnya membentuk tim kerja.

Saat ini, khusus untuk wilayah Kota Palembang dan Banyuasin, terkendala dengan PP No.23/1988 yang mengatur batas wilayah antara Palembang-Musi Banyuasin (Muba). Sementara Banyuasin, merupakan pemekaran dari Kabupaten Muba.

Darmawan menyarankan, batas wilayah yang nantinya diusulkan, adalah batas wilayah alami. Seperti sungai, sehingga akan menjadi batas wilayah yang permanen. Tidak seperti yang ada saat ini, semisal wilayah pemukiman dan bangunan.

Sekda Harobin Mastofa mengungkapkan, pihaknya akan sesegera mungkin memenuhi permintaan DPRD Kota Palembang.

“Kita berpikir tahun-tahun yang akan datang. Sekarang Palembang merupakan Metropolitan, nantinya kita mau Megapolitan. Karena itu diperlukan perluasan wilayah,” ujar Harobin. (MC Palembang/Wahyu/Hidayatullah/toeb)