Antisipasi Banjir, Masyarakat Diajak Lakukan Gerakan Bersih Jakarta

:


Oleh G. Suranto, Kamis, 19 Oktober 2017 | 14:17 WIB - Redaktur: Juli - 346


Jakarta, InfoPublik – Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Teguh Hendrawan mengatakan, memasuki musim hujan ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan minta masyarakat ikut berpartisipasi untuk antisipasi banjir.

DKI juga akan menggelar Gerakan Bersih Jakarta yang melibatkan warga dalam mengantisipasi banjir memasuki musim hujan ini. “Pak Gubernur punya program Gerakan Bersih Jakarta yang rencananya mungkin minggu depan akan difokuskan  di beberapa titik di wilayah Jakarta,” kata Teguh di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (19/10).

Menurutnya, pada tahap awal, program tersebut akan ditempatkan di salah satu titik lebih dahulu. Masyarakat nantinya akan dilibatkan untuk peduli lingkungan dengan mengelola sampah, karena masalah sampah merupakan salah satu indikator yang menyebabkan genangan atau banjir.

“Gerakan Bersih Jakarta di mulai dari rumahnya dulu, kemudian berkembang menyangkut masalah RT, RW, Kelurahan, dan Kecamatan. Diharapkan masyarakat peduli terhadap lingkungan,” ungkapnya.

Di samping itu, Dinas Sumber Daya Air dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait juga terus menjalankan fungsi mereka, seperti mengeruk kali, sungai, waduk, menggunakan alat berat, hingga menerjunkan pasukan biru Dinas Sumber Daya Air.

“Kita punya pasukan biru 3.000 orang, kemudian sarana prasarana alat berat, dan kita punya yang namanya pompa. Ada 145 rumah pompa se-DKI dengan kapasitas semuanya, kesiapannya 95 persen dalam keadaan baik,” tandasnya.